Apakah Iran Itu Bahaya?

Iran Is Safe

Setiap tahun, saya akan menunjuk satu negara yang akan dibuat menjadi penutup usia. Diusia penutup 25 tahun ini, saya menunjuk negara Iran. Saat saya ke negara ini, sebagian teman sejawat berkomentar : “Hati-hati ke negara ISIS, Hati-hati Syiah, Intan kenapa mau ke negara konflik, hati-hati nikah sirih halal, lho “. Untuk itu selama sebulan penuh saya membekali diri untuk tahu seluk beluk tentang negara ini. Apakah Iran itu bahaya? 

“Pesawat akan mendarat di Teheran. Sesuai peraturan Republik Islam Iran, semua wanita wajib menutup kepalanya, mulai sekarang,” kata pramugari Airasia X pada saat itu. Jujur pergi sendiri untuk kali ini membuat saya excited dan campur aduk rasanya. Perlu diketahui, di dunia ini hanya ada 2 negara yang mewajibkan semua wanita berhijab yaitu Arab Saudi dan Iran. Ironisnya, mereka berdua adalah dua kubu yang saat ini saling perang dingin.

Dengan Bismillah dan yakin #iranissafe saya memberanikan diri untuk pergi sendiri ke IRAN!

Iran is Safe

 

Fyi, Yang Saya tahu saat Backpacker ke Iran :

  1. Untuk pemegang paspor ijo, Kamu dapat apply VOA di Jakarta maupun langsung nanti di Iran.
  2. Budaya islam memang saat terasa hangat di negara ini, selain kamar mandi dan tempat ibadah. Untuk angkutan umum dibedakan tempat duduknya untuk kaum wanita dan pria.
  3. Perbedaan waktu antara Indonesia dengan Iran kurang lebih 3,5 jam dimana jam INDONESIA lebih cepat 3,5 jam daripada waktu disini.
  4. Mata uangnya adalah Rial Iran, kadang mereka menyebutnya dengan Toman. Jadi Selain Rial, satuan lain yang lebih sering dipakai adalah Toman (10 Rial = 1 Toman). Toman adalah mata uang Iran yang pernah dipakai secara resmi pada masa Dinasti Qajar. Sekarang, Toman dipakai sebagai common practice aja. Pastikan harga saat tawar-menawar, ya. Rial atau Toman?
  5. Sistem Penyebrangan disini sangatlah kacau jadi boleh menyebarang sembarangan kaya di Jakarta.
  6. Pakailah pakaian tertutp dan sopan. Jangan lupa bawa Pashmina, atau kerudung dan penutup kepala lainnya untuk para wanita.
  7. Banyak terdapat minuman yang bisa diminun langsung (raw water) sehingga membawa botol minuman akan sangat menghemat.
  8. Kamu tidak akan bisa menggunakan Credit dan Debit Card Berlambang Visa, Mastercard, Jcb dll dimanapun hingga di Airport. Bawa CASH yang banyak ya! Ingat juga ya mesin ATM yang ada, tidak menerima kartu debit dan segala jenis transaksi bank selain account di Iran.
  9. Untuk Booking hotel, kamu tidak dapat mencari hostel atau hotel di website travel manapun, banyak info booking di sevenhostel
  10. Iran memiliki bangunan mesjid dan bangunan ibadah lainnya yang sangat menajubkan. Saya belum coba shalat disana, karena sholatnya beda.
  11. Bawa tissue basah dan tissue kering banyak karena di Iran toiletnya jongkok, hehe
  12. Download Maps.me peta Iran dan Kota Tujuan wisata karena sangat bermanfaat. Karena aplikasi ini dapat digunakan saat paket data kamu mati (offline)
  13. Wisatawan yang mengunjungi negara ini akan diajak foto oleh masyarakat sekitar karena ia merasa senang dikunjungi negaranya. hehe maklum mereka senang ada wisatawan yang mengunjungi negaranya!
  14. Ingat ya, Tidak ada wifi di Bandara Imam Khoeimemi Tehran Iran tapi bisa membeli SIMCARD Iran cell, untuk 3 GB 10usd dan Bandaranya tergolong kecil.
  15. Jangan heran, saat mendengar adzan. Sangat merdu dan ada sedikit perbedaan di Asyhadu anna ‘Aliyyan waliyullōh & Hayya ‘alā khoiril ‘amal.
  16. Negara yang aman, dengan berbagai jenis transportasi yang sudah lumayan baik dari kota ke kota lainnya. jangan resah untuk menentukannya!

Apakah Iran Bahaya? Tidak, Iran menurut saya sangat aman, nyaman untuk orang yang ingin solo traveling. Meski negara sekelilingnya masih sangat bergejolak. Tidak semua orang Iran itu Syiah. Terdapat berbagai agama yang dianut oleh masyarakat negara ini, meliputi Islam Suni, Kristen, Katolik, agama Yahudi dan Zoroastrian (menyembah api) dan mereka semua memiliki bangunan ibadahnya masing-masing serta dilindungi oleh pemerintahannya. Saya berani menjamin #iranissafe , Karena setelah saya jalani, apa yang dipikirkan orang kebanyakan buruk tentang Iran, kenyataannya yang saya alami malah sebaliknya, kok!

 

Bersambung ~

 

You may also like

4 Comments

  1. Wah iya loh, saya sendiri kalo denger ‘iran’ yang dibayangan udah negara yang serem gitu. Ternyata sepertinya abis baca ini ‘nggak gitu-gitu banget ya mbak negaranya’. Tapi salut loh, mbak intan pemberani sekali solo traveling kesana sendiri :))

    1. kalau kamu domisili di Jakarta, dan punya waktu lebih banyak lebih baik ke dubesnya aja langsung ada di Menteng. Bawa data-data lengkap, paspor dan foto 4×6 (berlatar syariah), dengan harga 20 Euro, kalau kaya aku yang sok sibuk dan mager lebih enak disana langsung bayarnya 40 Euro, tapi jadi nyesel bedanya lumayan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *