Melesetnya Sunset Di Candi Ratu Boko!

Candi Ratu Boko

Sunset Di Candi Ratu Boko?

Berbicara soal Sunset, saya termasuk orang yang kurang menyukainya. Saya mengartikan bahwa sunset mengartikan perpisahan. Siapa sih yang menyukai perpisahan? maka saya sebenarnya lebih suka Sunrise, yang mengartikan pertemuan. Pertemuan itu mengasyiklan loh? Walaupun Lumayan trauma menghadapi perpisahan, saya tetap mau kok mengabadikan momen-momen sunset ini. Tapi kali ini, saya harus melegakan rasa penasaran saya. Lega rasanya kalau sudah melihat indahnya sunset di Candi Ratu Boko. Apa salahnya sih membahagiakan diri sendiri?

Lokasi : Sebelah Selatan Candi Prambanan

Candi Ratu Boko ini terletak di desa Dawung dan desa Sambireja. Lebih tepatnya 19 Km di sebelah timur kota Yogyakarta atau sebelah selatan Candi Prambanan. Jadi pertigaan sekitaran candi Prambanan keselatan sekitar 3 Km. Candi yang terkenal dengan Roro Jonggrangnya ini, juga sedang digandrungi oleh para penyuka film AADC, karena lokasi syutingnya disini dengan suasana romantis.

IMG_1191

Candi Ratu Boko memiliki keunikan dibanding dengan candi – candi lainnya, karena candi ini malah memiliki ciri – ciri sebagai tempat tinggal, hal ini terlihat dengan adanya bangunan dengan tiang dan juga atap yang terbuat dari kayu, walaupun saat ini yang tertinggal hanya puing – puing batur dari batu saja. tetapi banyak hal yang menarik yang dapat kamu lihat di candi ini.

Ini sedikit informasi yang saya dapat tentang Candi Ratu Boko ini, Jadi dulunya merupakan sebuah istana, yang letaknya tidak jauh dari candi prambanan, yaitu sekitar 3 kilometer kearah selatan candi prambanan. Tepatnya di kecamatan Bokoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Posisi di atas perbukitan, candi ini memang tak semegah candi Borobudur atau secantik Candi Prambanan. Bangunan candi ratu boko ini merupakan hasil pemugaran, dengan batu-batu candi yang terlihat masih baru. Selain itu, candi ini memiliki fungsi tempat tinggal, ditandai dengan adanya atap dan tiang.

Adapun bagian candinya, candi ini terbagi dalam 4 bagian yaitu bagian tengah, tenggara, timur dan barat. Bagian tengah candi ini terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, dan Paseban. Kemudian, bagian tenggaranya Pendopo, tiga candi, kolam, balai serta kompleks Keputren.

Dibagian timur terdapat kompleks gua, Stupa Budha, dan kolam. Sedangkan bagian barat sisanya hanya perbukitan saja. Dan Aura mistisnya masih besar, di karenakan letaknya di atas perbukitan, jauh dari rumah penduduk, dan sesungguhnya tidak banyak yang mengetahui kalau tempat ini dijadikan obyek wisata, kalah terkenal dengan Candi Borobudur atau Candi Prambanan.Untuk menuju ke Candi Ratu Boko ini, kamu harus menaiki banyak tangga yang menanjak. Jadi siap-siap pakai baju yang santai ya.

Harga Tiket : Harga tiket untuk masuk ke candi Ratu Boko ini sangat bervariasi di jam biasa tiket wisatawan lokal Rp. 25.000 (Dewasa) , Rp. 10.000 (Anak-anak) dan untuk para Foreigner (wisatawan mancanegara) akan dikenakan biaya 13 USD.

Kolam di Kompleks Candi Ratu Boko

Apa yang Menarik : Sunset! Mungkin ini alasan utama saya kesini. Jadi, Konon ceritanya Candi Ratu Boko berada 196 meter diatas permukaan laut. dengan luas sekitar 250.000 m2 yang terbagi menjadi 4 bagian yaitu barat, timur, tengah dan tenggara. Di bagian barat terdapat perbukitan, Waktu itu saya mencoba ikut orang-orang yang sedang Yoga di bukit ini. Di bagian timur terdapat stupa Budha, kompleks Gua dan kolam. Dibagian tengah terdapat lapangan, kolam, paseban, Gapura utama, candi Pembakaran dan batu berumpak, dan yang terakhir di bagian tenggara terdapat balai – balai untuk tempat nongkrong, kompleks Keputren, tiga candi, pendopo dan juga kolam. Tapi sayang, saat waktu saya kesana, Sunsetnya malu-malu karena sempat hujan. tapi tak apalah, Candi ini nuansanya sangat romantis, jadi layak untuk kalian kunjungi!

Sunset yang meleset di Candi Ratu Boko
Sunset yang meleset di Candi Ratu Boko

 

You may also like

2 Comments

    1. sekarang semenjak film Aadc 2 jadi tambah ramai disini. sayang waktu itu masih malu-malu mataharinya ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *