Negeri Laskar Pelangi, Selalu Di Hati!

Sekolah Laskar Pelangi

Mengapa Negeri laskar pelangi ini, Selalu Di Hati ?

Negeri laskar pelangi, selalu di hati para traveler. Negeri yang sering di sebut sebagai negeri laskar pelangi ini, merupakan negeri yang sangat indah dan sangat beredukasi. Belitong, orang lebih sering menyebutnya bukan lagi tempat wisata yang perlu ditakutkan karena keamanannya. Sebab, para pecinta alam dan masyarakat sekitar sudah memberantas rasa takut para wisatawan. Keindahan wisata Bangka Belitung itu lebih terletak pada pesona wisata baharinya yang menawan hati. Provinsi yang merupakan gabungan dari dua buah kepulauan, yakni Bangka dan Belitung, memiliki banyak pantai yang mengagumkan dengan karakteristik bebatuan granit yang khas dan permukaan pantai yang landai. Selain pantainya yang indah, terdapat beberapa pulau yang menarik untuk dikunjungi di kawasan kepulauan ini. Negeri yang indah bisa di gambarkan dari negri Laskar pelangi ini. Wisata Bahari, Kuliner serta Edukasi. berikut alasan kenapa negeri ini, selalu di hati.

Di Liburan kali ini saya akan lebih membahas tentang wisata pantai, Danau yang warnanya seindah biru langit dan wisata museum yang sangat banyak di Belitong!

Kalau kamu ingin ke Belitong, kamu harus membeli tiket tujuan Tanjung Pandan. Ketika kamu sudah sampai, jangan takut ketika sudah di Bandara. Aman terkendali! Karena kamu akan menemukan berbagai mobil pribadi yang khusus mengantarkan kamu ke hotel yang dituju.

Berikut adalah beberapa tempat wajib yang harus kamu kunjungi!

Rumah Makan Belitong Timpo Duluk!

Rumah Makan Belitong Timpo Duluk
Rumah Makan Belitong Timpo Duluk

Selain alam dan fenomena laskar pelangi tentunya, apa lagi yang menarik dikunjungi saat tours di Belitung? Kuliner.. Yha! Rumah Makan Belitong Timpo Duluk adalah solusinya. Kenapa sih mesti banget ke tempat makan ini? Saya yang notabennya orang jawa asli saja mengakui bahwa pesona masakan bangka-belitong begitu lezatnya. Rumah Makan Timpo Duluk ini terletak di Jalan Mat Daud, Kampung Parit, Kelurahan Parit –depan Mesjid Hidayatullah — Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung. Menu Andalan kalau saya Lempah Kuning, sayur ikan berkuah segar. lalu saya selalu minum Jeruk kunci. Rumah makan ini dibuka pada saat makan siang, jam 11 hingga jam 22.00 malam. Harus Coba!

Pantai Tanjung Tinggi

Masih ingat adegan di Laskar Pelangi saat mereka berlarian di Batu-batu? Ya, itu namanya Pantai Tanjung Tinggi. Walau sampai sekarang saya heran dengan kecantikannya, daya tarik dari Pantai Tanjung Tinggi sebenarnya ada pada hamparan batu-batu granit yang ada di sekitar pantai. Tepatnya berada di sebelah timur pantai. Batu-batu tersebut memiliki ukuran yang beraneka ragam, ada yang sangat besar dan relatif kecil. Jika Anda gemar fotografi, Anda bisa mengambil objek batu-batu tersebut sebagai modelnya,  dengan latar belakang Pantai Tanjung Tinggi dan matahari terbenamnya.Tidak hanya menikmati pesona kecantikannya saja, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas olahraga air di Pantai Tanjung Tinggi. Aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini yaitu, berjemur, berenang, memancing, snorkeling, menyelam, dan menyewa jetski serta menjelajah dengan kano atau perahu karet. Jika Anda melakukan penyelaman, Anda akan menjumpai berbagai jenis, bentuk dan warna spesies laut yang menghuni pantai ini beserta “rumah-rumahnya” yang terbuat dari terumbu karang.

Pantai Tanjung Tinggi!
Pantai Tanjung Tinggi!

Pulau Lengkuas

Untuk mencapai Pulau ini, kamu harus menyewa kapal di Pulau Tanjung Kelayang. harga kapalnya sekitar 500.000,- nanti kamu akan di antar ke beberapa pulau pilihan. seperti pulau Lengkuas, Pulau Gosong, Pulau Tikus dll. Tenang, untuk menuju ke sana tidak sulit. Cukup mengarah ke pantai Tanjung Kelayang, yang hanya 30 menit dari pusat kota, lalu lanjut menyewa perahu.

 Pulau Lengkuas adalah salah satu pulau di Belitung yang punya mercusuar kuno. Menara setinggi 70 meter ini dibangun pada zaman penjajahan Belanda di 1882. Yang asyik, kamu dapat menikmati pemandangan Belitung dari puncak mercusuar. Namun sayang, pada waktu itu saya tidak dapat naik dapat naik ke atas karena alasan “Sterilisasi”. Tapi Someday, harus sih kesini lagi dan naik ke Mercusuar ini!
Pulau Lengkuas, Belitong!
Pulau Lengkuas, Belitong!
Spot Foto di Pulau Lengkuas, Belitong!
Spot Foto di Pulau Lengkuas, Belitong!

Bosen ya batu-batu terus? memang terlihatnya bosen ya. Tapi percaya deh batu-batu ini ada untuk menambah keindahan.

Danau Kaolin, Belitong
Danau Kaolin, Belitong

Alkisah, tanah Indonesia merupakan sumber daya alam yang sangat kaya dan tidak ada habisnya. Nah, Belitung pun sempat menjadi surga pertambangan oleh para penjajah Belanda yang dikomandai John Francis Loudon. Awalnya, mereka melakukan pertambangan timah, tetapi kemudian mereka menemukan kaolin, sejenis tanah liat hasil pelapukan batu granit yang bisa menjadi bahan pembuatan plastik, kertas, dan karet.

Puluhan tahun kemudian, lokasi pertambangan ini ditutup. Dan yang tidak disangka-sangka, bekas pertambangan ini di sulap oleh alam menjadi sebuah danau alami yang dipadati dengan air berwarna biru, Birunya biru langit. cantik sekali! Jadi, warna Danau Kaolin ini mirip dengan danau Ciwidey, namun ternyata tidak sama di bagian tekstur tanah. dan Bedanya, di sini kamu bisa mandi dan bermain air dengan aman. Bahkan menurut warga setempat, air di danau ini bisa memberi dampak positif bagi kulit. Selain itu, ketika kamu menginjakkan kakimu di danau ini, kamu nggak akan tercekik dengan bau belerang seperti yang dihasilkan oleh Kawah Putih di Bandung. Lokasinya tidak sulit ditengah kota. Jadi, HARUS MAMPIR KESINI YA!

Museum Kata, Andrea Hirata.

“Mereka yang dapat menghargai kata, akan dihargai di kehidupan ini. – Andrea Hirata.”

Museum Kata, Andrea Hirata
Museum Kata, Andrea Hirata

2016_0307_13162300

Satu lagi destinasi wisata di negeri laskar pelangi yang tak boleh ketinggalan kamu jajaki. Museum Kata Andrea Hirata. Buat penggemar serial Laskar Pelangi, tentu mampir ke museum ini adalah keharusan yang nggak boleh terlewatkan. Museum yang berada di desa Lenggang, Gantung, Belitung Timur ini menyimpan berbagai dokumentasi karya Laskar Pelangi dan beberapa karya Sastra lainnya. Bahkan ruangan di museum ini dibuat dengan tematik, diambil dari nama-nama tokoh yang meramaikan novel Laskar Pelangi. Buat kamu pecinta kopi, di bagian belakang museum ini terdapat sebuah dapur kuno ala Malaysia yang menyediakan kopi tradisional yang bisa kamu nikmati. Bertajuk ‘Kupi Kuli’, dijamin kamu akan rela antre untuk bisa menikmati segelas kopi yang diseduh oleh seorang wanita dengan piawai. Hmm… Mencium aroma kopi di ruangan ini saja rasanya sudah nikmat sekali, apalagi langsung menyesapnya sedikit demi sedikit. Wah!

Replika Sekolah Laskar Pelangi!

Sekolah laskar Pelangi,
Sekolah laskar Pelangi,

Tidak jauh dari Museum kata, kita akan di arahkan ke Replika Sekolah Laskar pelangi. Tempat yang berlokasi di Belitung timur ini, membuat kamu mengingat-ingat lagi film yang sangat mendidik ini. Walau suasana panas, namun tempat ini makin exotic lho!

Yakin? Perjalanan dan cerita singkat ku ini belum menggambarkan keinginan kamu untuk merencanakan Weekend Gateaway kamu?

Ayo, langsung Check tanggal mainnya, untuk menikmati keindahan di Negeri Laskar pelangi, Belitong!

You may also like

2 Comments

  1. Great, emang sih pulau satu ini tuh kecil2 cabe rawit ya kak, salah satu surga nya traveler juga. Coba merapat ke bagian selatannya belitung kak, ada pantai2 kayak Pantai Penyabong sama Teluk Gembira, masih cantik dan sepi bgt.

    Keren blognya kak, kalo berkenan silahkan berkunjung ke dunia-si-ana.blogspot.com. Salam satu cangkir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *